Tata Cara Mengurus KTP

Hari ini gua bangun jam 09.09. Maut ya angkanya. Dan hal pertama yang gua baru inget ketika gua bangun : KTP Gua kan abis tanggal 3 September kemarin?!

Aduh! Gua mesti ngurus ke kelurahan hari ini. Gua bukan WNI donk berarti? Bukan WNA juga? Hari ini Gua seorang manusia tanpa kewarganegaraan!😦 Geloo… T_T

Dan sampai saat ini gua hanya masih ngetik blog di depan komputer adek gua (dibawah). Hahaha. Komputer utama dimonopoli Sando yang lagi ngedit Video Clip Efek Rumah Kaca sih… Hhm…

Hari ini mesti ke Bank pula… Aaaarrrggghhhh!!! Malaaassss!😦

Tapi ada satu hal yaang gua dapatkan setelah gua yang belom pernah berurusan sama instansi pemerintah sebelumnya, inilah yang gua dapat:

MENGURUS PERPANJANGAN
KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Tak ubahnya dengan kepengurusan lain, tanpa tahu malu, bermodalkan uang Rp. 5000,-; selembar KTP yang sudah 5 hari mati, kaos oblong, celana panjang bahan dan sendal jepit, gua jalan ke Kantor Kelurahan Cipayung diatas (kebetulan dekat banget. Kalo kelaparan tengah malam juga cari makannya di depan kelurahan. Jalan kaki palingan 5 menit). Gua gak tau prosedur apa-apa.

Masuk ke kantornya dan bertanya sama siapa saja yang ada disana

gua “Pak, nnng… mau ngurus KTP…”
Pak pak kelurahan “Ooh.. Sama si Ma’il, noh!” *katanya sambil menunjuk orang yang sedang duduk dengan logat betawinya*

Datang dan duduklah gua disana kan?!
Gua bilang “Pak, mau ngurus perpanjangan KTP…”
Pak Ma’il “Ooh. Baik, bisa langsung koq. Biayanya 7500. Fotokopi KK (Kartu Keluarga -jaw). pas foto dan surat keterangan RTnya mana?” tanyanya.
Gua “Nah! Saya justru mau nanya prasyarat buat ngurus KTP pak”

Pak Ma’ilnya senyum saja sambil sedikit mengangguk-angguk. Lalu mengubak-ubak lacinya. Gua sementara terdiam bingung. Dia tiba-tiba pergi, lalu segera kembali dengan sehelai kertas HVS kosong, duduk di meja dan menuliskan sesuatu dengan ballpoint.

Apa yang ia tulis?

SYARAT-SYARATNYA! Hehe, dengan senyumnya sambil kadang-kadang menjelaskan tentang syarat-syaratnya. Setelah semua ia tulis, ia tandatangan dan cap kertas tersebut.

Syarat-syarat Mengurus KTP adalah:

  • Uang Administrasi Rp. 7500 (gak mahal, kan?!)
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • 2 Pas foto 3×4, background merah (tanggal lahir ganjil)
  • Surat pengantar dari RT (berhubung KTPnya sudah kadaluwarsa 5 hari, kalo belum kadaluwarsa tidak usah)

Semua syarat-syaratnya mudah koq. Dan hari ini, terbantahkan satu lagi mainset jelek masyarakat tentang lembaga pemerintahan. Mudah! Murah! Ramah! Hehehe…

Cuma yang jadi masalah…

  • Fotokopi KK. Males pergi fotokopinya (panas) dan disimpen nyokap. Nyokap lagi pergi.
  • Pas Foto 3 x 4. Gua fotografer, tapi gak punya pas foto. Mesti foto di luar. Males, panas.
  • Minta surat keterangan dari RT. Jam segini mah pak Cepi (ketua RT gua) lagi kerja. Mesti nanti malam dong mintanya.. Huuu~uuuhuuu~uu… T_T

Ya sudah, mau gak mau besok deh! Hehehe…

, , , , , , , , , , ,

  1. #1 by fatball on 8 September 2009 - 15:39

    pak RT lw nama’a cepi? kayak majalah yg kita bwt d jogja aja “lolly cepi” ahahahahaha…

    knp background’a merah tuh tgl lahir ganjil? kl tgl lahir genap jd biru gt? wuidih..

    kl 7.5rb jd’a tuh KTP brp hari? kl sehari brp ribu? kn sistem nembak gt.ahahahahaa

    sundul gan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: