ISP : Fren Mobi (Mobile-8), SAMPAH!!!

Oke sekarang ini puncak kekesalan gua sama sebuah ISP (internet service provider) nir kabel milik Mobile-8, salah satu varian dari Fren, MOBI. Semua tanda-tanda ini dimulai sejak tanggal 24 September 2009. Pada saat itu Mobi sempat tidak dapat terkoneksi ke jaringan diluar IIX (Indonesia). Kerusakan terjadi selama 3 hingga 4 hari (bervariasi tergantung lokasinya).

Sebelumnya, Mobi ini telah gua gunakan hampir 4 bulan lamanya, tepatnya Juli 2009. Gua menggunakan Modem WellComm Aiji CDMA 1x. Oke, jangan diejek, emank lelet karena maksimal modem gua hanya 230 kbps (atau mobi efektif bekerja di CDMA 1x hanya 153kbps). Gak papa, tokh modem gua yang emank gak support.

Mobi sekarang menyediakan fasilitas unlimited serta paketan dengan modemnya yang mendukung teknologi EVDO Rev. A, yang merupakan teknologi CDMA yang dapat memberikan kecepatan transfer data hingga 3,2mbps.

Awal Kebusukan Fren Mobi

Tapi sejak tanggal 16 Oktober 2009, terjadi keanehan lagi, yaitu setelah terkoneksi ke jaringan, Mobi tidak merespon apapun, tidak dapat terhubung ke internet. Pemecahannya gua temukan sekitar 5 hari kemudian, yaitu dengan mengoneksi dan diskoneksi berkali-kali hingga indikasi usagesnya naik dengan cepat lebih dari 10 kilobytes dalam waktu 5 detik.

Koneksi Mobi

Koneksi Mobi

Jika tidak, anggap saja gagal koneksi, diskonek dulu, lalu koneksikan lagi, berkali-kali sampai indikator status koneksi tampak terhubung dan terkoneksi ke dua belah pihak (upstream dan downstream, bukan MLM) terhubung dengan baik (untuk windows, dua-duanya menyala, seperti gambar dibawah) :

Koneksi

Kiri : Indikator bila tidak terkoneksi | Kanan : Indikator jika terkoneksi

Yang menjadi permasalahan adalah, “Apa yang terjadi? Kenapa begitu lama masalah ini tidak kunjung selesai?!” kadang gua berharap pada Mobile-8 untuk membenahi kelemahan ini. Sudah lama lho!

Oke itu harapan yang hanya menjadi sebuah harapan. Kadang sangat mengganggu, tapi buktinya gua masih bisa menulis blog ini kan!? Masih bisa mengakses gmail atau google dengan leluasa, mencari data-data yang gua butuhkan atau berinteraksi dengan teman-teman yang nun jauh disana lewat media Yahoo! Messenger, Palringo (MSN Messenger), facebook maupun twitter.

Konvensional, Unlimited dan Speed

Oke, speednya pada awalnya asik. Gua bisa mendownload film-film, musik-musik bahkan gambar ataupun mencari data dengan asik dan nyaman menggunakan paket ini. Ooh iya, sebelumnya perlu gua jelaskan beberapa cara penggunaan mobi.

  1. Paket Konvensional
    Paket ini adalah paket yang ditawarkan Fren Mobi berupa penggunaan internet berpulsa. ID dan Passwordnya dimasukkan sama-sama m8. Penggunaannya tergantung jam. Pk. 00.00 – 12.00 seharga Rp. 0,1/kb, sementara Pk. 12.01 – 23.59 seharga Rp. 1/kb. Buat orang kayak gua yang penggunaannya sakit jiwa–bisa–menggila–autis–sadis–di depan komputer 24 jam gini, mampus aja.. Berapa duit gua buang..
  2. Paket Unlimited
    Gua baru tahu setelah beberapa hari gua memakai mobi dan sudah menghabiskan uang sekitar Rp. 200.000,-an untuk menghabiskan pulsanya, ternyata mobi memiliki paket UNLIMITED! Berengsek! Tapi memang harus di registrasi. Caranya? Ketik REG UNL[paket 50, 100, 150, 250] dan kirim ke 777. Misalnya gua, karena modem hanya menyupport CDMA 1x yang max 153 kbps, maka gua pilih paket 50 ribu, ketik REG UNL50 kirim ke 777. Paket-paket yang tersedia antara lain:
    50 rb (up to 153 kbps) quota 500 Mb setelah itu 64 kbps
    100 rb (up to 1024 kbps) quota 1.5 GB setelah itu 64 kbps
    150 rb (up to 3.1 Mbps) quota 2.5 Gb setelah itu 128 kbps
    250 rb (up to top speed) quota 3.5 Gb setelah itu 256 kbps
    nanti anda akan mendapat jawaban SMS : “Selamat menikmati layanan Unlimited Paket 50 s/d 25-Nov-2009. Dial:#777, User:088****3478@unlimited, Pasw: 3****5. Info: 888
    [Callback]777″

Setelah dapet password dan ID, ganti password dan ID m8 diatas sesuai dengan ID dan password yang diberikan. Kalo enggak, nanti gak jalan unlimitednya. Informasi diatas bersumber : Blognya Adit38 + pengalaman sendiri.

Sekedar catatan, biasanya software bawaan modem CDMA sudah menyediakan fasilitas SMS. Dan menggunakan paket 50pun, awal-awal FANTASTIS! Hehe… Gua bisa menikmati layanan internet yang (lumayan) cepat untuk browsing dan mendownload musik. Mantap sekali! Gua bangga sekali dengan mobi sampai dengan beberapa waktu lalu. Speednya lumayan, dan PUN quota habis dan speed turun ke 64kbps, nggak masalah!

Mobi Sekarang = SAMPAH!

GILA! Fenomena aneh-aneh ini dimulai tanggal 25 Oktober 2009, setelah gua mengisi ulang pulsa mobi dan registrasi kembali ke UNL50. Awalnya gua mengisi pulsa Rp. 60.000 (karena tukang pulsa langganan kehabisan pulsa Rp. 50 ribuan, gua beli Rp. 20.000 3 biji). GUA GAK BISA REGISTRASI KE Unlimited!!! Tapi setelah dicoba beberapa waktu kemudian, bisa. Oke, gua pikir ini keanehan biasa. Gak ada gading yang gak retak.

Gua menikmati penggunaan mobi dengan damai hingga 4 hari lalu (1 november 2009) itupun kalo mau connect susah, mesti berulang kali seperti rutinitas sebulan terakhir). Apakah ini fenomena dari penggunaan modem merk lain? Karena gua mendapat informasi bahwa fren menjebak usernya untuk harus menggunakan modem RUIMnya (modem yang di bundle-kan).

Oke apa fenomena paling menyebalkan? Tiba-tiba koneksi sempat melambat, lalu disconnect dan setelah terkoneksi lagi gua :

  1. Gak bisa buka Facebook
  2. Gak bisa buka paketan Google, Gmail, Google Translate, BlogSpot Home
  3. Untuk beberapa web, koneksinya terbatas dan lambat sekali (seperti kaskus, twitter, dsb)

Gila! Ada apa ini? Gua pikir error biasa. Ternyata? Tidak! 4 hari superlelet membuka facebook dan google gak bisa dibuka. Tadinya gmail (email google, email gua) masih bisa, tapi kemudian 2 hari kemudian tidak bisa samasekali. Sampai kemarin juga Facebook gak bisa dibuka sama sekali. Sementara gua sedang membutuhkan koneksi ke facebook akhir-akhir ini. Alhasil gua gunakan FaceBook Lite. Alhamdullillah bisa dibuka.

Gua kemudian mencoba menanyakan di kaskus Mobi Unlimited Community, ternyata yang lain juga memiliki masalah yang sama. lihat ini, halaman mobi unl community pages 61 | pages 62. Beberapa user dan Mas Helmi Budiprasetyo, Master audio & video editing di chip yang juga aktif di dunia komputerisasi (dan gak gua sangka) jaringan mengusulkan menggunakan Open DNS (Domain Name System). Tapi tidak bisa. Kenapa tidak bisa? Karena setiap kali setting DNS, koneksi harus di restart (DC – Connect), sementara modem manager gua ini tiap di disconnect, pasti juga ngerestart settingan koneksi. Jadi pasti balik ke automatic. 😦

DNS Setting

DNS Setting

Oke, gua mati ide. Ada usul lagi dari Mas Helmi. Hipotesanya begini,
Kemungkinan besar karena sebab tertentu (misalnya maintanance), google dan facebook (yang load dan flood penggunaannya sangat besar) akan mengganggu. Pilihannya adalah mendingan dikalahkan atau system down. Oke, kita akalin. Kita gunakan Proxy! Hehe… kita gunakan Proxy4Free.com. Apa itu proxy? Adalah sebuah IP Adress yang dijadikan ‘jalan tikus’ untuk mencapai suatu web. Semacam penipuan gitu. Jadi, web itu kan sebetulnya berupa IP Adress. Anggaplah web tersebut alamat IP (IP Adress)nya 218.14.227.197, kini dengan proxy, bisa dialihkan ke alamat IP lain tersebut, misalnya kemarin, gua menggunakan proxy dari Australia (yang paling dekat dengan Indonesia, semakin dekat semakin cepat) 114.127.246.36, port 80 (port tuh semacam pintu yang terbuka).

Proxy Setting

Proxy Setting Pada Mozilla (Flock, Mozilla Family)

Oke dan akhirnya, GUA BISA BUKA FB! Hahahahahaha! Ya sudah, tapi agak jadi sedikit lambat. Ya iya lah, namanya juga dialihkan. Gimana mau gak lebih lambat, kecuali proxynya proxy internal (biasanya di kantor-kantor, buat ngeblok situs-situs yang “tidak diinginkan” dibuka oleh penggunanya). Oke. Pemecahan selesai. Gua bisa buka facebook. Satu situs aman.

Tapi gua buka hari ini, tanpa proxy, sudah bisa walaupun sumpah super lelet.

Kenyataan Kurang Ajar! Menyebalkan!

Dan inilah, gua menemukan sebuah wacana (belum terbukti sih), masih omongan di forum kaskus sini :

Originally Posted by 1603N 
terjawab sudah 5 hari susah buka fb
pengen poker nunggu ampe 8 menitan

pas isi ulang paket unl 100 .. lancar sudah gan..

Originally Posted by orangila
wah, jgn2 klo dah lwat kuota akses ke fb ma gugel diturunkan jgn2… 

Originally Posted by donkeyboy
kayanya seperti itu deh gan mulai bln ini gak kaya bln kemaren.. ngisi pulsa dulu ahhh

“Wah! Gila! Kurang ajar!” pikir gua. Gak mungkin lah gua pikir. Kalo begitu caranya, semua pengguna mobi kabur semua ke operator lain. BUNUH DIRI mobi kalo begitu caranya! Hhm..😦 Kalau sampai iya bener, PENIPUAN namanya!

ID & Pass : M8

ID & Pass : M8

Oke, satu hal, gua rubah balik ID dan Password gua dari yang unlimited ke yang konvensional (m8). JAWABANNYA : BISA!!! ANJING!!!

Dan sumpah, gua marah. HEH! Penipu! Gua kasih waktu 3 hari sejak hari ini untuk mobi memperbaiki diri, kalo enggak sesuai dengan status gua di facebook :

“Ah, ini sih gila… Pake ID dan Password Unlimited super lelet buka apa-apa, apalagi google & FB. Begitu gua ganti ID & Password jadi konvensional, CEPET PARAH! Sakit nih Mobile-8 Mobi.. NOT RECOMENDED!!!”

DAH! Makan tuh ke-GAK-LAKUAN-loe!!!

, , , , , , , , , , ,

  1. #1 by Harley on 5 November 2009 - 20:02

    Makanya pake fastnet hahaha

  2. #2 by audy on 6 November 2009 - 01:22

    Mobi saya yg inject (Pantech PX500) dan UNL150, sampe sekarang masih oke alhamdulillah. Saya suka sekali kecepatan uploadnya. Kirim video2 HD/besar ke Vimeo Youtube dan FB jadi lancar walau udah lewat quota (kadang suka bocor speed uploadnya 700 sampe 1.200 kbps, angka yg fantastis untuk upload..) Tapi ternyata banyak yg bermasalah ya..?
    Apakah saatnya mencoba SMART dengan EVDO Rev. B yg baru? (“B” untuk “baru” :P).

  3. #3 by bambam on 13 November 2009 - 18:08

    mobi sekarang udah bagus lagi ,, kemaren 4 hari emang lelet

  4. #5 by sofwan.kalipaksi on 18 November 2009 - 15:09

    Saya pengguna Wellcomm Aiji CDMA 1x…persis. Sejauh ini ndak ada masalah berarti. Memang, kadang2 untuk bisa koneksi hrs refresh sampe 3 kali…🙂

  5. #6 by ifdall on 4 Januari 2010 - 23:00

    kalo unlimited yg selama satu bulan mau download mau browsing UNLIMITED gitoloh…tapi kalo pake QUOTA apa nama nya unlimited…coba kalian semua yg pake MOBI apa itu bukan pembodohan nama nya..kalo unlimited yah tanpa batas..bukan di batasin dengan quota coba buat kalian yg pake mobi di pikir2 kembali…lebih baik pake ISP lain…JUJUR

    • #7 by Penulis on 8 Januari 2010 - 15:59

      Quota penggunaan, tapi tidak quota full-speed😀
      Tetep aja sih unlimited penggunaan sebulan… :p

    • #8 by alex on 22 April 2010 - 07:32

      dulu wkt beli bundelan mobile-8 sih katanya, kalo yg pulsa nya 50rb,quota 500 MB dengan 160 kb/s, kalo udah habis yg 500 MB jadi 60 kb/s

  6. #9 by citato on 10 Januari 2010 - 21:15

    Mobi sampah! Sering RTO! Kalau udah RTO modem harus didisco reco.

    • #10 by Penulis on 12 Januari 2010 - 10:56

      Ya gak papa kan?!
      Makannya kalian jangan pake mobi, biar kami kami yang udah lama pake mobi ini jadi stabil lagi!😀

  7. #11 by kememmorrison on 23 Januari 2010 - 02:02

    Hidup mobi!!!

  8. #12 by kememmorrison on 23 Januari 2010 - 02:08

    salamat pagi,

    saya pake modem pantech px500 lancar2 aja tuh…

    uehueuehuehuheueuheuh

  9. #13 by yuga on 27 Januari 2010 - 12:19

    ikut share ya…

    untuk koneksi mobi sih sempat ada masalah, speednya cuma berkutat di 11,5 – 22,9 kbps, tapi setelah masalah itu tidak muncul lagi, mulai beberapa hari kebelakang malah dapet Internet MOBI Sehat, bahkan untuk download beberapa file MP3 tidak bisa… ada yang punya solusi ga ?

  10. #14 by manda on 6 Februari 2010 - 20:59

    mang klo kuota dan abis kecepatan sebenarnya berapa sih?
    gw ol nyaris 24 jam sehari pake ul100 selama 3minggu dan selama beberapa hari belakangan ini jadi semakin lambat…mungkin kecepatannya cuma 7kbps…gw jadi ga mengerti dengan 64kbps setelah 1,5 gb kuota itu?????klo ada yang mengerti tolong penjelasannya….thanks

  11. #15 by a'ak budi on 17 Februari 2010 - 10:01

    kasian,,, kalau menurut aku sih,, mobi nya jaringan nya lagi drop terus diperbaiki dan di optimizition kayak trik SEO gitu… biar jaringannya makin top dan normal… he he he..

    aku pakek lancar2 aja tuh…

  12. #16 by Penulis on 17 Februari 2010 - 10:03

    Aman terkendali disini!!!😄😄😄

  13. #17 by a'ak budi on 17 Februari 2010 - 10:17

    kasian,,, kalau menurut aku sih,, mobi nya jaringan nya lagi drop terus diperbaiki dan di optimizition kayak trik SEO gitu… biar jaringannya makin top dan normal… he he he..

    aku pakek lancar2 aja tuh.

  14. #18 by ipank on 4 Maret 2010 - 14:35

    gw pake mobi ga ada masalah bro emang kadang2 sering putus nyambung tapi buat download mp3.3gp file ga ada masalah. gw juga pake aiji wellcom cdms modem. mungkin daerah lo bro yang signalnya ga stabil atau memang waktu itu lagi fuul koneksinye.. itu kan biasa. cuma 50rb sebulan koneksi ampe puas..

  15. #19 by majos on 13 Maret 2010 - 02:14

    jaringan mobi di tangerang gy ngadat neh gan……….
    aaahhhh rrruuuusssuuuhhhh dah……..

  16. #20 by Yogi prasetiya on 15 Maret 2010 - 15:29

    seminggu ini ane juga ngerasain ntu, cuma bisa browsing malem doang, diatas jam 6… udah gtu dibatasin lagi… tapi alhamdulillah sekarang udah gag kok….

    http://kidzoom.wordpress.com/2010/03/14/bermain-dengan-notepad-buat-iseng-dijamin-bikin-orang-kesel/

  17. #21 by Arie on 15 Maret 2010 - 20:11

    MOBI=SAMPAH

    • #22 by DrikZ on 20 Maret 2010 - 13:54

      Lebih BUSUK DARIPADA SAMPAH BOS TAPI TPS

      • #23 by Penulis on 21 Maret 2010 - 22:52

        Yaaah, mau sampai mau TPS gak jauh-jauh dari bahasa yang anda gunakan lah.

  18. #24 by Hendrik on 20 Maret 2010 - 13:51

    KONTOL EMANG BNER MOBI BANGSAD NEH ANCUR AMPIR2 MAU GWE BANTING AMPE ANCUR

    • #25 by Penulis on 21 Maret 2010 - 22:51

      Oke, gua gak suka nih komen kayak gini. Kampungan. Gak ada kata yang lebih kasar yang bisa di publish di blog gua-kah?

  19. #26 by DrikZ on 20 Maret 2010 - 13:53

    TOD LAGH BABI BAND IP AJA NEH NOMOR FREN GWE SKALIAN DAH GA BS2 MASUK WEB

  20. #27 by lord on 5 Mei 2010 - 07:44

    alah…luw kaya gitu…
    Luw ngejilat ludah sendiri…makanya pikir-pikir dulu sebelum bertindak…

  21. #28 by cakcak on 24 Mei 2010 - 01:11

    pantec-px 500 —- pantek-px 500 ……koneksi mencret…..terima kasih

  22. #29 by semprul on 3 Juni 2010 - 06:34

    Duh mobi lemo…ot banget. Speed cuma dapat rerata 20 kbps :najis

  23. #30 by Dodol Arab on 3 Juni 2010 - 22:17

    belon lagi ganti dari unlimited ke m8 (krn kuota dh habis susah banget. tuh usb superbank kaga mau di klik.. padahal antivir dh dibunuh.. run as admin.. mana ke detect virus lagi yg bikin donlot ulang (coz driver ilang.
    ada yg bisa bantuin gak spya superbank jadi normal lagi

  24. #31 by V@ on 12 Juni 2010 - 13:07

    gak da masalah ma modem mobi

  25. #32 by fren bagus on 12 Juli 2010 - 11:41

    FREN EMANG BAGUS KOK..
    BAGUSNYA DIBUANGGGG……….!!!!!!!!!!!
    eh sayang kalo dibuang..
    DIBAKAR AJA DEH..!!!!!!!!!!!!

  26. #33 by sippppp on 31 Juli 2010 - 10:44

    oke lah lmyan bisa komentar gini jg,,, brrti mobi gua ga da mslh klo cm gni doank mah!!! GILAAA FREN KAU INI SDH MEMBUATKU FRUSTASI!!

  27. #34 by koplink on 18 Agustus 2010 - 20:59

    klo gue sih lebih realistis pake quota gini, lancar2 aja makenya. Kenyataannya kebutuhan manusia ga terbatas, klo bener2 unlimited lancar kayanya tuh khayal
    mungkin yang pake mobi yg bermasalah buru2 ganti aja ISP yg lain so kita jadi lancar kembali make mobi ….wkwkwkwkwk

  28. #35 by ade on 20 Mei 2011 - 13:36

    Provider yang satu ini emang cuman bagus di iklan doang.
    sisanya menipu.
    Gw pikir setelah jadi smartfren jd bagus. Ga tau nya tambah parah.
    Ancurrrrrrr.

  1. INDOCOMTECH 2009 :: Ini Baru PASAR! « Andi Pancaran Media
  2. Modem Mobi Pantech PX-500 Baru! « Andi Pancaran Media
  3. Sejarah Perinternetan Konvensional Gua & Indonesia (Opini) « Andi Pancaran Media

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: