Masuk 10 Besar Finalis!!! HOREEE!!!

Sore itu Sando yang sangat pendiam itu berteriak, membangunkan gua yang sedang tertidur, “Wa! Masuk wa! SINI CEPET LIAT!!!” dengan suara yang cukup lantang, bangga dan heboh.

Kekagetan gua itu dipecahkan dengan sebuah artikel di Hai Online, yang menegaskan bahwa video clip Efek Rumah Kaca – Banyak Asap Disana besutan sutradara Hubert Aria Ximenes Famosando (Sando) Naibaho yang juga editor senior di STUDIO DG bersama dengan kakaknya, Wolfgang Sigogo Xemandros Naibaho masuk ke dalam 10 Besar Finalis Video Clip Efek Rumah Kaca, dalam kontes “Video Melulu” yang diadakan oleh Hai.

Video Clip yang dishoot sendiri oleh Sando Naibaho dan memakan budget produksi Rp. 2.000.000,- untuk perjalanan dari Banten hingga Surabaya tersebut akhirnya membuahkan hasil. Tampaknya dari ke-10 video yang masuk 10 besar, yang dengan konsep dokumenter hanya dari kita.

Informasi lebih lengkapnya, dapat dilihat disini (klik disini)

Produksi

Produksi video clip ini dimulai sejak bulan Juli 2006, dimana Sando tiba-tiba datang untuk meminjam batere Handycam (HC-52) yang biasa gua jadikan sebagai VTR/Player. Setelah itu beliau bertanya tentang dimana dan berapa harga membeli kaset miniDV dalam jumlah massal. Pertanyaan gua yang selalu tidak terjawab oleh jawaban, “Lihat saja nanti. Tokh gua pasti ngeditnya di tempatloe”.

Oke, 4 Juli 2009 gua di Surabaya, perjalanan sekejab demi gua ingin melihat jembatan Suramadu. Ternyata SMS gua ke Sando mengenai jembatan Suramadu keesokan harinya (setelah gua dalam perjalanan balik menuju Jakarta) dibalas dengan SMS, “Wa, gua di Jogja, mau ke Surabaya. Gimana caranya ke jembatan Suramadu?”. Dan kagetlah gua bahwa dia sedang berkeliling pulau Jawa. Untuk apa? Entah. Dia hanya bilang, “Ngeshoot anak-anak jalanan”. Gua pikir untuk membuat film video dokumenter, ya sudah.

Selang dua minggu kemudian, dia datang kembali di DG dengan membawa setumpukan kaset serta handycam dan meletakkan batere handycam pinjaman di meja gua. Mulailah dia bercerita, dia memutar lagu E’fek Rumah Kaca’ dan bercerita bahwa dia mengikuti sebuah kontes video yang diadakan oleh majalah Hai dengan kontesnya “Video Melulu” dengan tema video clip efek rumah kaca. Seketika itu gua NGAKAK! Hehehe…

Setelah itu sempat sekali di bulan agustus gua bersama dia meluncur menuju kota Serang untuk ngeshoot 1 ibukota yang belum terekam. Perjalanan ‘nggembel’ yang gua sendiri kaget gua capek, padahal dulu gua kuat jalan dari monas –> Mangga Dua –> Pasar Senen lho.

Pasca Produksi

Pasca produksinya sangat lama. 2 setengah bulan paling tidak (Juli akhir – Oktober pertengahan). Mereka (Sando & Wolfgang, dua sutradara) yang tidak puas-puas di depan meja editing, menyatukan banyak gambar-gambar dari banyak sumber, ngitungun jumlah anak jalanannya satu-satu. Sempat di awal-awal men-delete project karena lebih enak dimulai dari awal, membanding-bandingkan dengan peserta lain dan sebagainya, editingnya yang tidak puas-puas juga (padahal berubahnya gak banyak-banyak), lain sama video kerjaan yang kalo kelar ya udah, master, kasih, kelar. Hehe…

Akhirnya di bulan Oktober lalu DVDnya diserahkan di kantor Gramedia di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Sebuah kondisi ketar ketir yang (mungkin) buat Sando cukup menegangkan. Sudah diterima, ndo?” tanya gua. “Sudah”, jawabnya dengan minim kata-kata (kapan sih Sando pernah maksimum kata-kata, lha wong sesekalinya jadi praktisi aja aaaa—uuuu—aaa—uuu— tapi hebat loe ndo, bisa ngomong! Hehe..)

Oke, dan sekaraaaaang…

Keputusan tanggal 18 Desember, apakah video clip ini akan menjadi pemenangnya? Apakah video clip ini akan mengalahkan 10 video clip yang lain? Kita lihat keputusannya nanti, 18 Desember 2009.

Atas bantuan, do’a dan dukungannya,
KAMI UCAPKAN TERIMAKASIH YANG SEBESAR-BESARNYA.🙂

Buat Sando & Ogeng,
SALUT BUAT KALIAN!!!

Efek Rumah Kaca – Banyak Asap Disana from STUDIO DG Experiments on Vimeo.

, , , , , ,

  1. #1 by penuai on 13 Desember 2009 - 17:52

    Wahhh selamat yachhhh…bagi-bagi donk hadiahnya…

    DOWNLOAD E-BOOK AKHIR ZAMAN
    http://www.penuai.wordpress.com

  2. #2 by Wan Abud on 17 Desember 2009 - 12:47

    Selamat yah!!! Semoga menang!

  1. ERK – Banyak Asap Disana : JUARA 2!!! « Andi Pancaran Media

Tinggalkan Balasan

